Skip to main content

Skema Rangkaian Radio Dua Arah

Skema Rangkaian Radio Dua Arah.

 Mungkin di zaman sekarang ini, mendengar kata radio dua arah seperti kembali ke masa lalu. Karena dengan pesatnya perkembangan teknologi di segala aspek, teknologi masa lalu yang merupakan cikal bakal teknologi modern mulai dilupakan.

 Begitu juga dengan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi sudah sangat maju, dari yang awalnya menggunakan kabel, kemudian berevolusi menggunakan gelombang elektromagnetik.

 Di masa lalu, berkomunikasi dengan orang yang berada di tempat jauh, merupakan sebuah gebrakan besar. Radio dua arah merupakan penemuan yang sangat membantu pada masa perang dunia dulu. Alat komunikasi ini sangat praktis, karena sudah memiliki bentuk fisik yang kecil di masanya.

 Hal ini membuatnya sangat praktis digunakan di medan perang. Di zaman modern ini radio dua arah lebih dikenal dengan nama walkie talkie atau handy talkie. Bahkan di era 2000 an, mainan walkie talkie sangat populer.

 Radio dua arah atau transceiver merupakan alat komunikasi nirkabel, yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal suara. Alat ini dikembangkan oleh seorang penemu asal kanada di tahun 1937.
Cara kerja alat ini adalah dengan cara merubah sinyal suara ke bentuk gelombang radio dan sebaliknya.

 Dalam sebuah radio dua arah atau transceiver terdapat rangkaian transmitter untuk mengirim sinyal suara, dan rangkaian receiver untuk menerima sinyal suara. Kedua rangkaian tadi di desain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dengan praktis.

 Gambar diatas adalah skema rangkaian radio dua arah yang dapat kita pelajari, bagaimana sebuah radio dua arah bekerja.
Semoga bermanfaat.






Comments

Popular posts from this blog

Skema rangkaian walkie talkie sederhana

Skema rangkaian walkie talkie sederhana. Walkie talkie adalah sebuah radio dua arah yang digunakan untuk berkomunikasi melalui gelombang radio pada jarak tertentu. Bagi penggemar dunia elektronika membuat sendiri walkie talkie adalah pencapaian yang membanggakan, hal ini dikarenakan sulitnya mencari skema rangkaian walkie talkie di internet. Hal ini mungkin terjadi karena sekarang ini dunia elektronika sudah sedikit peminat. Tapi bukan berarti sudah tidak ada referensi bagi penghobi elektronika yang ingin membuat sendiri proyek elektronika. Untuk itu disini saya akan membagikan skema rangkaian walkie talkie sederhana  yang terdiri dari beberapa transistor, kapasitor keramik, resistor, elco dll. Baca juga; Gallium Nitride Masa Depan Semikonduktor Semoga rangkaian walkie talkie sederhana ini dapat anda buat, dan berfung

Cara kerja walkie talkie

 Pada umumnya cara kerja walkie talkie sama dengan alat komunikasi tanpa kabel lainnya. Alat komunikasi tanpa kabel bekerja dengan memanfaatkan radiasi gelombang radio untuk mengirim dan menerima informasi.  Disaat kita sedang berbicara lewat telepon, telepon yang kita gunakan sebenarnya meradiasikan gelombang elektromagnetik ke segala arah termasuk keluar angkasa hingga frekuensi dari telepon diterima oleh satelit.  Setelah diterima oleh satelit, kemudian akan diteruskan ke nomor telepon tujuan. Walaupun memiliki prinsip kerja yang sama, tetapi walkie talkie berfungsi lebih sederhana.  Walkie talkie dapat berfungsi karena memiliki rangkaian rf transmitter dan receiver. Disaat walkie talkie digunakan untuk mengirim suara maka konfigurasi rangkaiannya menjadi transmitter, dan sebaliknya jika digunakan untuk menerima suara maka konfigurasinya menjadi receiver.  Pada rangkaian walkie talkie, walkie talkie mainan adalah yang paling sederhana karena hanya menggunakan s

Skema rangkaian walkie talkie dengan IC lm386

Skema rangkaian walkie talkie dengan ic lm386.  Pada kesempatan kali ini saya akan memposting skema walkie talkie lm386.  Pada dasarnya skema walkie talkie ini, sama dengan skema walkie talkie transistor lainnya. Walkie talkie dengan ic lm386  Hanya saja pada skema walkie talkie ini pada bagian amplifier atau penguat sinyal suaranya tidak lagi menggunakan transistor, tetapi digantikan dengan ic lm386 . Sedangkan pada rangkaian RF masih tetap menggunakan 1 transistor.   Skema walkie talkie lm386 ini merupakan pengembangan  dari walkie talkie mainan jarak pendek, dengan tujuan meringkas ukuran pcb. Karena seperti kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini menuntut ukuran yang kecil dan semua itu dimulai dari komponen. Ic lm386  pada skema rangkaian ini menggantikan empat buah transistor penguat dan beberapa resistor. Hal ini tentunya membuat rangkaian walkie talkie menjadi lebih sederhana. Dan secara langsung membuat pcb lebih ringkas, karena satu ic lm386 telah